2015-08-07

Complicated Month


Orang sering bertanya, Apa makanan favoritmu? Warna favoritmu? Buah yang paling tak kau sukai? sayur yang tak kau sukai?
Dalam benakku, aku penasaran, dalam satu tahun yang terdiri atas 12 bulan, manakah yang paling disukai dan tak disukai orang? Apakah sama sepertiku? Ataukah jauh berbeda?
Aku sangat menyukai Februari, bukan karena ada hari valentine atau apa, sejak dulu aku tak pernah peduli dengan tanggal 14 Februari itu. Lalu kenapa aku menyukainya? Sebab pertama, ada satu hari yang merupakan hari kelahiran orang yang kusayangi, ayahku. Kedua, pada bulan itu selalu terjadi peristiwa menyenangkan dalam hidupku. Ketiga, peristiwa mengesankan dalam hidupku terjadi pada bulan itu. Februari adalah bulan perkenalan, saat aku bisa mengenal beberapa orang yang cukup berarti dalam hidup. Aku mendapatkan dan mengetahui banyak hal yang begitu istimewa.
Lalu yang kubenci? Aku paling tak suka dengan bulan Agustus. Pada bulan ini banyak kejadian yang mengharuskan aku menjauh dari banyak orang. Bulan yang sangat bertentangan dengan Februari. Perasaan tak nyaman selalu saja tak bisa kuhindari dalam bulan ini.
Lalu adakah bulan yang menjadi bulan paling complicated? I have it.
Oktober. Bulan kelahiranku. Harusnya menjadi hari yang menyenangkan, kan, jika itu adalah hari lahir? Ya, Oktober itu memang menyenangkan. Tapi juga paling menyakitkan. Semua yang paling indah dalam hidupku terjadi pada bulan itu. Namun semua pengalaman terburukku pun terjadi di bulan itu. Jika Februari adalah sebuah perkenalan, Oktober adalah sebuah pertemanan terbaik. Dan apabila Agustus adalah saat untuk menjauh, maka Oktober itu adalah perpisahan. Dalam bulan itu aku harus tersenyum untuk salam perpisahan terindah. Seperti mencapai puncak gunung tertinggi lantas langsung terjun dalam detik itu pula.
Adakah orang lain yang pernah mengalami hal yang sama? Kuharap tidak. Sebab itu sangat menyusahkan.
Aku pun berharap semua itu tak terulang dalam tahun ini, dan tahun selanjutnya..

No comments:

Post a Comment